background
anda disini: Home > Profil 

Profil 

                                                                                                                                                     Profil                                                                                                                                     

                                                                                                                      RUMAH SAKIT TK.II 07.05.01 PELAMONIA

 


 1.      Umum.

           Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia adalah Rumah Sakit TNI AD yang merupakan unsur pelaksana Kesehatan Kodam VII/Wrb, sebagai Badan Pelaksana di bidang Kesehatan di Lingkungan Kodam VII/Wrb mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI, ASN beserta keluarganya yang berhak di jajaran Kodam VII/Wrb. Selain itu juga memberikan pelayanan kesehatan bagi penderita dengan status BPJS, Jamsostek, Jamkesmas, pasien perusahaan dan masyarakat umum dengan memanfaatkan kapasitas lebih yang dimiliki  selain dari itu juga sebagai Rumah Sakit rujukan bagi penderita dari Kawasan Timur Indonesia.

          Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia juga sebagai Rumkit Rujukan bagi penderita di lingkungan TNI dan masyarakat umum di Kawasan  Indonesia Timur telah Terakreditasi 16 pelayanan Versi 2007, serta  telah memperoleh penetapan kelas Type B oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan telah dinyatakan lulus Paripurna Akreditasi Nasional Versi 2012 oleh Tim KARS Tahun 2016.

2.       Maksud dan Tujuan.

               a.            Maksud.        Penyusunan Profil ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang pelayanan kesehatan, fasilitas, sarana dan prasarana  yang dimiliki Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia Kesdam VII/Wrb dalam rangka pelayanan BPJS Kesehatan.

      b.            Tujuan.          Untuk memudahkan customer/ pelanggan dan mitra rumah      sakit mendapatkainformasi tentang pelayanan kesehatan yang ada dan                sebagai pedoman bagi personel Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia dalam      melaksanakan tugas profesi sehari-hari.

3.            Sejarah Singkat. 

              Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1917 dan disebut Militaire Hospital. Pada waktu penyerahan kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1950 Militaire Hospital diserahkan pada TNI-AD dan diubah namanya menjadi Rumah Sakit Tentara Teritorium VII.

                Pada tanggal 1 Juni 1957 dengan berubahnya TT VII menjadi Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan dan Tenggara (KDMSST) yang kemudian berubah nama menjadi Kodam XIV Hasanuddin, maka Rumah Sakit pun berubah nama dari RST TTVII menjadi Rumkit  KDMSST kemudian menjadi Rumah Sakit Kodam XIV/Hn “Pelamonia”. dan kini dikenal dengan nama Rumah Sakit Tk.II Pelamonia.

          

Secara tehnis medis Rumah Sakit Pelamonia adalah Rumah Sakit Tk.II dilingkungan TNI  dibawah pembinaan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam), Rumah Sakit Tk.I (RSPAD Gatot Subroto) dibawah Pembinaan Direktorat Kesehatan (Dirkesad). Kesdam dan Rumah Sakit sesuai DSPP berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat nomor KEP / 76 / X / 1985 tanggal 28 Oktober 1985Pada tahun 2004 mengalami perubahan (validasi) organisasi berdasarkan Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Nomor: Kep / 69 / XII / 2004 tanggal 24 Desember 2004 tentang Organisasi dan Tugas Kesehatan Komando Daerah Militer (Orgas Kes

d

                                                                     

   PELAMONIA  TAHUN 2016

Ruang Lingkup dan Tata Urut.             

  Adapun ruang lingkup penulisan profil ini, disusun dengan tata urut sebagai berikut :

 

I.          Pendahuluan

II.         Tugas Pokok

III.        Gambaran Umum Rumkit Tk.II 07.05.01 Pelamonia

IV.       Pelayanan Rumkit Tk.II 07.05.01 Pelamonia

V.        Kinerja Rumkit Tk.II 07.05.01 Pelamonia

VI.       Penutup.

 

I.              TUGAS POKOK

 

1.            Tugas Pokok.          Sebagai Badan pelaksana, Kesdam VII/Wrb menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan bagi Prajurit  TNI, ASN  beserta keluarga yang berhak dijajaran Kodam VII/Wrb, serta memberikan pelayanan bagi peserta BPJS, Jamkesmas, Jamsostek, masyarakat umum dan mitra/rekanan lain yang bekerja sama dengan rumah sakit dengan pemanfaatan kapasitas lebih.    

 

a.     Visi : Menjadi Rumah Sakit kebanggaan TNI dan Masyarakat di wilayah Indonesia Timur Tahun 2020.

 

b.     Misi :         1.      Menyelenggarakan pelayanan kesehatan spesialistik dan subspesialistik terbaik bagi anggota prajurit, Aparatur Sipil Negara, keluarga dan masyarakat umum.

 2.      Peningkatan SDM yang Kompetitif

 3.      Menyediakan pelayanan unggulan traumatologi, jantung  dan stroke

 4.      Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai dengan visi Rumah sakit

 5.      Melaksanakan pelayanan terbaik berdasarkan nilai disilin, jiwa korsa, loyalitas, akuntabilitas, trasnparansi, efektifitas dan efisiensi.

 6.      Meyelenggarakan standarissasi pelayanan untuk mencapai akreditasi secara paripurna.

 

     c.      Motto :    Peduli, Ramah, Jujur, Ikhlas dan Terampil (PRAJURIT).

 

2.            Fungsi Rumkit.

 

Guna pencapaian dari tugas pokok pelayanan kesehatan di  Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia Kesdam VII/ Wrb melaksanakan fungsi-fungsi antara lain :

a.            Fungsi pelayanan Instalasi Gawat Darurat.

Memberikan pelayanan Gawat Darurat yang cepat dan tanggap bagi setiap pasien di berkunjung di Rumkit Tk.II 07.05.01 Pelamonia.

b.            Fungsi pelayanan Medis/spesialistik

Memberikan pelayanan medis spesialistik bagi pasien disesuaikan dengan riwayat kesehatan pasien.

c.            Fungsi pelayanan Penunjang Medik.

Menyediakan pelayanan penunjang guna  mendukung diagnose yang tepat diantaranya pelayanan Laboratorium dan Radiologi.

d.            Fungsi pelayanan Rehab Medik.

Memberikan pelayanan rehabilitasi medik yang diperlukan guna mendukung kelancaran pelayanan kesehatan.

e.            Fungsi pelayanan Rawat Inap.

Memberikan pelayanan rawat inap bagi pasien dengan didukung oleh tenaga medis dan paramedis  yang ahli dan berkompoten.

 f.             Fungsi pelayanan Rawat Jalan.

Memberikan pelayanan rawat jalan  bagi pasien dengan didukung oleh tenaga medis, paramedis dan staf yang ramah  dengan  dukungan  petugas rekam medik yang berpengalaman.

  g.            Fungsi pelayanan Kefarmasian.

Memberikan dukungan obat-obatan dan informasi  tentang aturan dan dosis obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter spesialis sesuai dengan riwayat kesehatan pasien.

I.              GAMBARAN UMUM RUMAH SAKIT

 

1.            Lokasi.          Dengan letak yang strategis di Pusat Kota Makassar dalam wilayah Kordinasi Kodim 1408/BS menjadikan Rumah Sakit Pelamonia bukan hanya kebanggaan bagi Prajurit TNI AD juga menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat kota Makassar pada khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya. Bangunan Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia di operasionalkan sejak tahun 1986  yang mempunyai luas lahan sbb :

 

a.         Luas tanah                                 : 28.544 M2

b.         Luas bangunan                                    : 20.955 M2

c.         Status Tanah dan Bangunan : Okupasi

 

          Bangunan yang ada meliput Ruang Poliklinik, Perawatan, Kamar Operasi, Ruang ICU/ICCU, Perkantoran dan penunjang umum lainnya, serta terdapat beberapa perumahan staf/ anggota yang dihuni 17 KK.

          Dengan jarak yang mudah di akses menjadikan Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia Kesdam VII/Wrb dapat bersaing dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit yang lain yang ada di Makassar  terbukti dengan  adanya hubungan kerjasama dibidang pelayanan kesehatan dan Medichal Check Up beberapa Instansi BUMN diantaranya PT. PLN (Persero),                     PT. PERTAMINA, PT. TELKOM, Bank Mandiri, BRI, Bank BNI dan perusahaan swasta lainnya yang ada di Kota Makassar serta beberapa mitra/ rekanan yang lain. Sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia terus menerus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pasien melalui peningkatan SDM personel,   Peralatan Kesehatan (Alkes) dan Renovasi/ perbaikan beberapa ruangan.

 

2.            Sarana dan Fasilitas.

 

a.            Sarana           :  

 

Jumlah tempat tidur secara keseluruhan sebayak 372 buah dengan rincian sebagai berikut :

 

1)      Ruang perawatan  VIP                                    :   37 TT

2)      Ruang perawatan Kelas 1                  :   52 TT

3)      Ruang perawatan Kelas 2                  : 105 TT

4)      Ruang Perawatan Kelas 3                 : 123 TT

5)      Ruang perawatan Isolasi                    :    6  TT

6)      Ruang perawatan ICU/ICCU             :   19 TT

7)      Ruang perawatan Bayi                       :   30 TT

Jumlah           : 372 TT

  

Rumah Sakit Pelamonia mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan terjangkau bagi seluruh pasien.  Untuk pelayanan pasien umum  dapat memiilih Kelas/ Ruang Perawatan Inap sesuai dengan kemampuan financial dari masing-masing pasien.

Sebagai wujud kepedulian kami terhadap pasien Askes serta hubungan Kerjasama yang baik dengan BPJS Kesehatan (Persero) Cabang Makassar,  Rumah Sakit Tk.II Pelamonia juga menyiapkan ruangan khusus bagi Petugas BPJS Centre di dalam memberikan pelayanan administrasi  bagi pasien BPJS di Rumah Sakit Tk.II Pelamonia sebelum mendapatkan pelayanan di Poliklinik dan bagian lain yang dirujuk dari RSUD,  Puskesmas, dan  unit-unit pelayanan kesehatan lainnya.

Petugas BPJS Centre juga dibantu oleh staf medik Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia yang tergabung dalam satu organisasi PPATRS (Petugas Pengendali Administrasi Rumah Sakit) melayani keperluan registrasi dan administrasi pasien BPJS di Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia. 

         

b.            Fasilitas Penunjang : 

 

Adapun fasilitas penunjang yang dimiliki di Rumah Sakit Tk.II 07.05.01 Pelamonia antara lain :

1)        Instalasi Kamar Bedah (Kamar Operasi  24 Jam : 7 Kamar)

2)        Instalasi Penunjang Diagnosa (Jangdiag) yang meliputi Laboratorium Klinik dan Radiologi.

3)        Instalasi Farmasi : Apotek  

4)        Instalasi Penunjang Perawatan (Jangwat) :

a)      Pelayanan Unit Gizi

b)      Pelayanan Laudry dan Sterilisasi Alkes

c)      Rumah Duka / persemayaman jenazah

d)      Kamar Jenazah beserta peralatan

e)      Ambulance pasien dan jenazah

5)        Kamar ICU/ICCU dan ruang tunggu keluarga pasien ICU/ICCU

6)        Sistem Informasi Audio Central

7)        Keamanan 24 Jam (Pembatasan jam berkunjung dan Jam Besuk oleh Provos)

8)        Pelayanan Kasir terpadu/ Billing Sistem

9)        Area parkir, Kantin, Mushallah dan Loket ATM

 

Jasa website